Sunday, July 18, 2010

Satu Tahun Berlalu

Mencoba mengingat setahun kemarin, tepat tanggal 5 Juli 2009..

Kami, rombongan Indonesia, tiba di Jerman untuk menjalankan program beasiswa Sommerkurs. Perjalanan dimulai tanggal 4 Juli 2009, dengan menggunakan maskapai Luftansa kami berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Changi Singapura..

Perjalanan dilanjutkan menuju Muenchen, Jerman.. Perjalanan yang panjang dan sangat melelahkan! Sepanjang perjalanan, saya mengira-ngira seperti apa tempat yang akan saya tinggali.

Sesampainya di Muenchen, 5 Juli 2009, kami menunggu selama kurang lebih 4 jam untuk penerbangan lokal, Muenchen-Leipzig. Tidak ada penerbangan yang lebih memabukan selain yang satu ini.

Pesawat ini kecil. Sepi. dan BERGOYANG! Ya, kami di dalamnya pun bergoyang..

Leipzig adalah tempat perpisahan sementara kami, jurusan Rossleben, dengan mereka, jurusan Oppurg.. Mungkin ini membahagiakan mereka, karena bisa terlepas dari guru pembimbing rombongan kami. Dan kami, ya! Masih bersama Beliau untuk 3 minggu ke depan.

Bus yang kami tumpangi menuju Rossleben berisikan kami, rombongan Indonesia, Vietnam, Australia, dan Bahrain. Kurang menyenangkan perjalanan ini, lelah, dan belum kenal siapa-siapa kecuali teman negara masing-masing.

Kata seorang teman saya begitu kami menginjakan kaki di daerah Rossleben,
"Mana shopping districtnyaaa??"
Jauh sekali dari bayangan saya, yang perkotaan dengan gedung-gedung bernuansa Eropa, dengan beberapa deret cafe-cafe di pinggir jalan. Rossleben? TIDAK!

Rossleben hanya sebuah desa kecil di negara bagian Thueringen. Banyak pepohonan bahkan bisa disebut hutan. Rumah-rumah penduduk yang tidak besar tapi terlihat sangat nyaman dan sangat klasik, orang-orang tua yang masih bugar berlalu lalang sambil menyapa kami warga asing yang tidak pernah mereka jumpai. Jauh dari kesan KOTA! Baik segi arsitektur maupun karakter masyarakat.

Tempat tinggal kami di sana adalah sebuah sekolah bekas biara, Klosterschule..
Bangunan tua unik dan nyentrik! Hal pertama saat sampai di sana adalah, ini betul-betul sampai di Jerman atau hanya di Kota Bunga bagian arsitektur Eropa? So classic..

Salah satu bagian Klosterschule


Hari pertama, kami habiskan untuk berputar-putar, mencoba mengenali lingkungan baru ini untuk bertahan 3 minggu ke depan. Menyenangkan.

Kamar saya pun "SANGAT STRATEGIS"! Terletak di lantai paling atas, pojok sebelah kanan, yaitu loteng gedung asrama. Yeah! Gelap dan dingin...

Beruntunglah saya tidak sendiri dalam kamar itu.. Saya ditemani kawan seorang berwarganegara Argentina dan seorang lagi warganegara Bosnia. Kamar itu pun menjadi tidak begitu gelap dan dingin, melainkan hangat..

Hari pertama berakhir dengan pesan kepala sekolah kami, Mathias, untuk bangun esok hari pukul 8 pagi..


Selamat Ulang Tahun yang Pertama, kenangan manis Rossleben!

No comments:

Post a Comment